5 Sistem Membikin Curriculum Vitae yang Menarik

By | March 15, 2018

Berikut ini 5 cara membuat curriculum vitae yang menarik, coba praktekkan dan buktikan sendiri!

#1 Lakukan Job Research

Sebelum Anda membuat Curriculum Vitae, langkah pertama tentu saja Anda harus mencari isu secara rinci tentang perusahaan dan ragam pekerjaan yang akan Anda lamar.

Ingat curriculum vitae yang menarik adalah curriculum vitae yang RELEVAN.

Tentu saja ragam pekerjaan itu adalah yang cocok dengan bidang yang Anda minati. Anda dapat mencari lewat online atau menanyakan isu kepada teman-teman dan kenalan Anda.

Membikin Profil LinkedIn Nampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate 01 – Finansialku

Catatlah segala isu berkenaan dengan segala persyaratan pelamar seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, usia dan tak jarang perusahaan yang mencari pekerja yang sudah memiliki pengalaman bekerja selama jangka waktu yang dikhususkan.

Kecuali itu, Anda juga perlu mencari tahu segala isu mengenai visi, misi dan poin-poin serta etos kerja yang diimplementasikan dalam perusahaan tersebut. Lewat bermacam-macam isu tersebut, Anda dapat menyaring, perusahaan mana yang akan Anda tuju untuk dikirimkan surat lamaran berikut dengan CV Anda.

#2 Ketahui Isi CV secara Umum

Mungkin bagian ini beberapa besar orang sudah mengetahuinya, namun bagi para fresh graduate, isu ini akan sangat menolong karena dapat memberi gambaran besar akan riwayat hidup Anda yang akan Anda cantumkan di dalamnya.

Hati-hati dalam menyusun supaya berurut supaya tak membingungkan pembaca CV Anda terutama pihak HRD yang akan mengukur mutu Anda pertama kali lewat CV tersebut.

Pada lazimnya, konten yang ada dalam sebuah CV antara lain sebagai berikut:

  • Identitas Diri – nama komplit, domisili, nomor telepon dan domisili surel.
  • Pendidikan – pengajaran terakhir, jurusan dan IPK.
  • Personalitas – gambaran singkat karakter diri Anda.
  • Keterampilan – keterampilan yang Anda miliki.
  • Proyek dan Pengalaman Kerja – hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda temukan.
  • Training/Pelatihan Terbaru – pelatihan yang sudah ditiru 2-3 tahun terakhir.
  • Informasi Lain tentang Diri Anda – hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

#3 Mulai Membikin CV

Sistem membuat curriculum vitae yang menarik adalah relevansi isi dan desain yang menarik. Buatlah desain yang gampang dibaca, minimalis dan layout yang rapi.

Berbagai figur desain atau wujud CV dapat Anda cari dalam kolom pencarian dengan kata kunci “CV Design”. Anda disarankan untuk memilih desain yang simpel dengan kombinasi warna yang cocok dan pakai simbol-simbol yang dapat dipahami oleh pembaca.

Saat desain sudah dirasa oke, hal pertama yang perlu Anda tuliskan di dalamnya, cocok dengan tutorial isi secara garis besar pada point 2 di atas adalah:

  • Cantumkan Identitas Diri.
  • Tuliskan nama komplit Anda, domisili, nomor telepon dan domisili surel serta jangan lupa untuk menyertakan pasfoto terkini Anda.
  • Tulis level pengajaran.
  • Paparkan secara singkat, padat dan terang mengenai karakter Anda dan poin-poin kehidupan yang Anda junjung.
  • Deskripsikan keterampilan serta skill yang Anda miliki terutama yang mendorong pekerjaan yang menjadi target Anda.
  • Kalau Anda bekerja sebelumya, tuliskan pengalaman kerja Anda dan pencapaian serta penghargaan yang pernah Anda raih seandainya ada.
  • Kesalahan ini akan memberikan poin tambah pada diri Anda dan perhatian khusus bagi pihak pembaca.
  • Cantumkan juga bermacam-macam pelatihan yang pernah Anda ikuti yang menambah skill.
  • Cantumkan isu tentang diri Anda yang relevan dengan pekerjaan Anda dan juga referensi dari beberapa orang penting di perusahaan, daerah Anda bekerja sebelumnya.

#4 Baca Ulang dan Perbaiki Keslahan dalam CV

Langkah berikutnya adalah Anda perlu membaca ulang CV yang sudah Anda buat tersebut. Kesalahan ini penting dijalankan untuk meminimalkan kekeliruan dan menetapkan bahwa CV Anda sudah tersusun dengan rapi.

Tentunya sangat disayangkan seandainya Anda sudah sulit-sulit cari cara membuat curriculum vitae yang menarik. Gunakan kesalahannya adalah typo (baca: salah ketik)?

Cek kembali tata bahasa dan ejaan yang salah dan memakai kalimat yang terang, singkat serta tepat sasaran. Usahakan memakai kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku. Analisa Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau mencari kata-kata baku dari artikel-artikel di web internet.

#5 Supaya CV Anda Diterima

Dalam menelaah CV yang sudah Anda buat, Anda dapat berperan seolah-olah menjadi seorang HRD yang akan membaca CV tersebut.

Sesudah lebih objektif dalam penilaiannya, Anda harus melalaikan diri Anda dan benar-benar memerankan diri sebagai bagian HRD yang sedang melaksanakan rekrutmen kepada pelamar.

Langkah berikutnya, Anda dapat minta bantuan teman atau teman Anda untuk mengukur CV yang sudah Anda buat. Buat perbandingan penilaian antara penilaian yang sudah Anda buat dan penilaian yang teman Anda buat.

Dengan cara demikian, Anda sudah bisa mengoreksi sendiri kesalahan yang terdapat di dalam CV yang anda buat.

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *