Melamar Pekerjaan Tanpa Pengalaman

By | March 11, 2018

Ribuan mahasiswa di seluruh negeri akan segera menanyakan pertanyaan kuno ini: Jika semua pekerjaan membutuhkan pengalaman, bagaimana Anda bisa mendapatkan pekerjaan pertama itu bila satu-satunya pengalaman Anda adalah gelar Anda?

Pertama, ingat bahwa setiap orang memulai tanpa pengalaman – jadi Anda tidak sendiri.

Anda tidak menyebutkan bidang mana yang ingin Anda masuki, tapi menurut Anda gelar bahasa Inggris Anda tidak ada gunanya. Saya sangat tidak setuju. Gelar bahasa Inggris mungkin tidak segera menerjemahkan ke pekerjaan terfokus dengan cara yang sama seperti gelar di, katakanlah, akuntansi mungkin dilakukan, namun ini menyatakan bahwa Anda memiliki keterampilan tingkat tinggi dalam komunikasi, pemikiran analitis, dan keterampilan kreativitas yang sangat dihargai dalam banyak pengaturan tempat kerja Bergantung pada pilihan profesional dan pendidikan yang Anda buat sekarang, gelar Anda bisa menjadi batu loncatan dari hukum hingga jurnalistik hingga penulisan teknis hingga pengajaran.

Bila Anda baru saja keluar dari perguruan tinggi dan memulai untuk menemukan jalur karier, mudah untuk merasa terintimidasi. Mencari pekerjaan tanpa banyak pengalaman kerja bisa membuat frustrasi, tapi dengan beberapa kerja keras, banyak ambisi, dan percaya diri pada diri sendiri, hal itu bisa terjadi.

Inilah cara menuju ke sana:

1. MENYADARI KENYATAAN
Jika Anda mendaftar untuk posisi entry level, kebanyakan orang tidak mengharapkan Anda masuk dengan resume yang berisi pengalaman. Sebagai gantinya, raih pengalaman Anda dan leverage itu sebagai motivasi untuk belajar. Soroti contoh dedikasi, rasa ingin tahu, dan komitmen Anda terhadap pembelajaran dan pertumbuhan. Orang yang sedang mencari adalah orang yang mau bekerja keras dan ingin belajar.

2. MENGIDENTIFIKASI KETERAMPILAN ANDA
Buat daftar semua keterampilan yang tercantum dalam posting untuk peran yang ingin Anda dapatkan: keterampilan komputer, keterampilan teknis, keterampilan komunikasi, keterampilan penelitian, keterampilan pemecahan masalah. Apa yang orang-orang datang kepada Anda untuk bantuan?

3. MEMBUAT TAUTAN
Bila Anda memutuskan untuk melamar posisi tertentu, Anda harus memiliki alasan untuk percaya bahwa Anda dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Luangkan waktu untuk menganalisis tautan itu. Pengalaman formal atau informal apa yang Anda miliki, atau sifat pribadi apa, yang membuat pekerjaan itu sesuai? Jadilah analitis dan kreatif dalam proses ini. Begitu Anda membuat tautan untuk diri sendiri, Anda bisa menjelaskannya kepada calon majikan.

4. MENINGKATKAN “KETERAMPILAN LUNAK”
Apa yang akan membuatmu menonjol dari yang lain? Ingatlah untuk menampilkan kualitas seperti keramahan, profesionalisme, responsif, dan tindak lanjut. Keterampilan lembut yang kuat bisa berjalan jauh, karena mereka tidak bisa benar-benar diajar.

5. TAHU DIRI SENDIRI
Anda mungkin tidak memiliki pengalaman kerja selama bertahun-tahun, tapi apa lagi latar belakang Anda yang bisa menunjukkan nilai Anda kepada atasan? Pengalaman tidak hanya berasal dari pekerjaan tradisional; pasarkan keterampilan apa pun yang telah Anda kembangkan di bidang lain dalam hidup Anda.

6. KESIMPULAN SEIMBANG DENGAN PIKIRAN
Keyakinan itu penting, tapi harus dicampur dengan kerendahan hati dan kerendahan hati – ciri khas “pikiran pemula.” Tunjukkan bahwa Anda dapat melakukan pekerjaan itu, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk belajar.

7. MEMULAI DENGAN GRATIS
Jika Anda tidak dapat menemukan pekerjaan, bekerja secara gratis. Posisi relawan bisa lebih mudah ditemukan daripada magang. Relawan untuk layanan yang relevan sebanyak mungkin. Anda tidak hanya akan mendapatkan pengalaman berharga, tapi juga bisa membangun jaringan dan mendapatkan kaki di pintu.

8. JARINGAN
Membangun jaringan pribadi Anda adalah jalur yang dapat diandalkan untuk pekerjaan yang hebat pada setiap tahap kehidupan. Terhubunglah dengan semua orang yang Anda kenal-dan pada gilirannya dengan semua orang yang mereka kenal-melalui media sosial, komunitas dan acara profesional, menyiapkan makan siang atau kopi untuk tetap berhubungan, dengan cara apa pun yang dapat Anda temukan.

9. TETAP BELAJAR
Mungkin Anda memerlukan lebih banyak pendidikan untuk memenuhi syarat untuk apa yang benar-benar ingin Anda lakukan-misalnya, jika Anda menemukan ketertarikan pada hukum, mungkin sudah saatnya mendaftar ke sekolah hukum. Tetapi bahkan di luar pendidikan formal, temukan cara untuk terus mengembangkan pengetahuan Anda – ikuti kelas non-kredit atau audit, mengikuti pengembangan profesional atau kursus pelatihan khusus, atau cukup banyak membaca di bidang minat Anda.

10. TETAP REALISTIS
Bahkan dengan memanfaatkan keahlian dan pengalaman Anda, pastikan Anda melamar posisi yang sesuai untuk Anda. Di pasar kerja yang ketat dimana pengusaha dibanjiri dengan petenis berkualifikasi tinggi

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *